Home » » Kartu SD Tidak Terbaca di Hp Vivo, Penyebab dan Solusinya

Kartu SD Tidak Terbaca di Hp Vivo, Penyebab dan Solusinya

Written By Rachmat.M.Flimban on Rabu, Oktober 18, 2023 | Rabu, Oktober 18, 2023

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

 
Kartu SD Tidak Terbaca di Hp Vivo, Penyebab dan Solusinya

recode.ID – Sedang mengalami masalah kartu SD tidak terbaca di Hp Vivo milik kalian? coba simak penjelasan redaksi berikut ini untuk mengatasi masalah tersebut mulai dari penyebab dan juga solusinya.

Seperti kalian ketahui, meski saat ini perangkat Vivo hadir dengan kapasitas memori interal yang cukup besar, namun hal itu dirasa masih belum mencukupi untuk menampung semua data pengguna.

Sehingga banyak di antara pengguna Hp Vivo yang membeli memori eksternal berupa kartu SD untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan di perangkat mereka.

Namun masalahnya, ternyata ada cukup banyak pengguna yang kemudian mengeluhkan jika saat memasang kartu SD di Hp Vivo mereka, kartu memori tersebut tidak mau terbaca.

Nah, jika kalian adalah salah satu pengguna Hp Vivo yang mengalami kejadian tersebut, berikut ini akan redaksi berikan informasi lengkap bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Silahkan disimak.

Penyebab Kartu SD Tidak Terbaca di Hp Vivo

Sebelum kita bahas bagaimana cara mengatasi masalah ini, terlebih dahulu akan kita bahas apa saja yang jadi penyebab mengapa kart SD tersebut tidak mau terbaca di Hp Vivo kalian.

Mengutip dari laman AndroidTechno, berikut ini adalah penyebabnya:

  1. Kemungkinan, pada bagian slot Kartu SD di perangkat Vivo kalian mengalami kerusakan
  2. Kartu SD kotor, sehingga hal ini menyebabkan sistem tidak bisa membaca isinya
  3. Memori dari MicroSD mengalami corrupt/rusak
  4. Terjadi bug pada smartphone yang digunakan
  5. Melakukan pengaturan memori pada hp Vivo tidak benar.

Lima penyebab diatas adalah yang paling sering terjadi ketika sebuah SD card tak mau terbaca oleh perangkat. Dari kelima penyebabnya, poin kedua dan ketiga adalah yang paling sering dialami oleh pengguna.

Namun, sebagai langkah antisipasi berikut akan redaksi ulas secara lengkap mengatasi kartu SD tidak terbaca di Hp Vivo secara detail.

Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di Hp Vivo

Setelah kalian memahami dengan baik apa yang jadi penyebab kenapa kartu SD tidak terbaca di Hp Vivo kalian, kini saatnya untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan. Berikut penjelasannya:

  • Copot dan Pindahkan Ke Hp Lain

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan adalah mencoba untuk mengecek Kartu SD tersebut di perangkat atau Hp yang lain.

Hal ini sangat disarankan untuk dilakukan guna mengetes apakah kartu SD tersebut bisa terbaca di perangkat lain atau tidak.

Jika di perangkat lain terbaca, maka bisa jadi kerusakan ada pada slot micro SD perangkat kalian. Tapi jika tidak terbaca juga maka masalahnya terletak pada kartu SD itu sendiri.

  • Bersihkan Kartu SD

  Setelah melakukan pengecekan pada poin pertama, lalu kartu SD juga tidak mau terbaca maka langkah selanjutnya adalah dengan mencoba membersihka kartu SD tersebut.

Silahkan kalian bersihkan pada bagian kuningan atau bagian tembaga pada belakang kartu SD menggunakan penghapus putih.

Bersihkan dnegan hati-hati agar tidka merusak atau mematahkan bagian lempengan tersebut. Jika sudah pasang kembali, apakah bisa terbaca atau masih belum.

  • Format Kartu SD

Solusi terakhir yang bisa kalian lakukan adalah dengan memformat kartu SD tersebut apabila solusi diatas masih belum mengatasi masalah kalian.

Memori kartu SD yang mengalami corupt, akan menyebabkan sistem tidak bisa membaca isi dari kartu SD tersebut, sehingga solusinya adalah dengan memformatnya.

Untuk memformat kartu SD pada Hp Vivo berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, silahkan buka menu Settings di Hp Vivo kalian
  2. Kemudian kalian pilih menu More Settings
  3. Selanjutnya, silahkan kalian pilih menu Ram and Storage Space (Storage)
  4. Kemudian, kalian pilih SD Card
  5. Berikutnya, silahkan kalian klik Erase SD Card
  6. Kemudian lakukan konfirmasi dengan klik tombol Erase SD Card
  7. Tunggu bebererapa saat hingga formating SD card selesai.

Perlu diingat, dengan memformat kartu SD tersebut, maka semua data yang ada di kartu SD tersebut akan hilang dan terhapus total.

Selanjutnya, silahkan cek kembali apakah kartu SD sudah bisa terbaca dan bisa menyimpan lagi data setelah kalian melakukan format kartu SD tersebut.

Jika ternyata masih belum, maka dipastikan kartu SD tersebut sudah rusak parah dan tak bisa digunakan lagi. Maka solusi terakhir adalah dengan membeli kartu SD yang baru.

Dapatkan Informasi terbaru dari kami lewat Goo News dengan cara klik pada tombol mengikuti pada Google News

Dapatkan informasi terbaru dari kami lewat Google News dengan cara klik pada tombol mengikuti pada Google News

Dapatkan informasi terbaru dari kami lewat Google News dengan cara klik pada tombol mengikuti pada Google News

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين


Anda Sedang membaca artikel yang berjudul Kartu SD Tidak Terbaca di Hp Vivo, Penyebab dan Solusinya Silahkan baca artikel dari PERUM DUTA ASRI PALEM3 Tentang Yang lainnya. Dan Ingin Mengeprint klik tombol prin di Bawah, atau bookmark halaman ini dengan URL : https://struktur-sosial.blogspot.com/2023/10/kartu-sd-tidak-terbaca-di-hp-vivo.html
Klik Untuk Print Friendly and PDF
Share this article :

Posting Komentar

Luangkan waktu untuk memberikan Saran atau masukkan atau komentar Anda! Semoga Artikel-artikel yang kami publikasihkan dapat bermanfaat.........
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, marilah kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati, mohon maaf bila komentar anda tidak memenuhi kriteria tersebut akan di hapus. Bila anda ingin memberikan saran, kritik,masukan yang membangun, dan memberi tambahan materi bila ada kekurangan pada artikel yang sedang di bahas dengan senang hati , saya persilahkan. Terimakasih.

 
Support : Blog author | Rachmat.M,MA | Duta Asri Palem 3
Copyright © 2013. PERUM DUTA ASRI PALEM3 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger