Home » , , » Islam dan Pelestarian Lingkungan

Islam dan Pelestarian Lingkungan

Written By Rachmat.M.Flimban on Kamis, Februari 27, 2014 | Kamis, Februari 27, 2014

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Nama eBook: Melestarikan Lingkungan Hidup Penulis: Abu Abdillah Syahrul Fatwa bin Lukman حفظه الله

Pengantar:

Alhamdulillah, kita memuji Allah dengan sebanyak-banyak pujian yang telah memberi kita taufiq atas agama Islam yang lurus ini. Shalawat dan salam bagi nabi yang menjadi utusan-Nya Muhammad bin Abdullah yang telah menyampaikan Islam ini kepada kita dengan sempurna yang mana malamnya seperti siangnya.

Dewasa ini banyak kampanye untuk melestarikan lingkungan yang bahkan didukung sepenuhnya oleh presiden negeri ini. Sejatinya Islam telah lebih dahulu mengingatkan kita semua untuk tidak merusak tanaman dan sembarangan membunuh binatang.

Allah Azza wa Jalla berfirman:

وَإِذَا تَوَلَّى سَعَى فِي الأرْضِ لِيُفْسِدَ فِيهَا وَيُهْلِكَ الْحَرْثَ وَالنَّسْلَ وَاللَّهُ لا يُحِبُّ الْفَسَادَ

Dan apabila ia berpaling (dari mukamu), ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak tanaman-tanaman dan binatang ternak. dan Allah tidak menyukai kebinasaan. (QS al-Baqarah [2]: 205)

وَلا تُفْسِدُوا فِي الأرْضِ بَعْدَ إِصْلاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا إِنَّ رَحْمَةَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ الْمُحْسِنِينَ

Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi. sesudah (Allah) memperbaikinya dan ber-doalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik. (QS al-A’raf [7]: 56)

Sungguh Allah menjadikan bumi dan isinya untuk kepentingan manusia, tetapi yang dimaksud disini adalah memakmurkannya bukan merusaknya demi kepentingan dunia yang sedikit.

Bumi dan segala isinya adalah nikmat dan ujian dari Allah yang akan diminta pertanggung jawabannya, Allah ta’ala berfirman:

وَهُوَ الَّذِي جَعَلَكُمْ خَلائِفَ الأرْضِ وَرَفَعَ بَعْضَكُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَاتٍ لِيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ إِنَّ رَبَّكَ سَرِيعُ الْعِقَابِ وَإِنَّهُ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebagian kamu atas sebagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Rabbmu amat cepat siksaan-Nya, dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS al-An’am [6]: 165)

Semoga dengan membaca eBook ini akan menambah keimanan kita dan makin yakin akan keindahan Islam diatas agama dan ajaran lainnya dan juga menjadi bantahan bagi para pembenci dari golongan munafik dan kafirin, amin…

Download:

Download CHM Download ZIP Download PDF Download Word


Tolong beritahu kami jika Anda memiliki saran tentang cara untuk meningkatkan halaman ini.
 
Artikel : Cluster Duta Asri Palem 3

Form Berlanggan Via eMail:
Anda akan secara otomatis menerima email setiap hari dengan konten terbaru Kami.
Silahkan masukkan E-Mail Anda pada kotak dibawah ini untuk mendapatkan Update terbaru Kami.


Delivered by FeedBurner
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين


Anda Sedang membaca artikel yang berjudul Islam dan Pelestarian Lingkungan Silahkan baca artikel dari PERUM DUTA ASRI PALEM3 Tentang , , Yang lainnya. Dan Ingin Mengeprint klik tombol prin di Bawah, atau bookmark halaman ini dengan URL : https://struktur-sosial.blogspot.com/2014/02/islam-dan-pelestarian-lingkungan.html
Klik Untuk Print Friendly and PDF
Share this article :

Posting Komentar

Luangkan waktu untuk memberikan Saran atau masukkan atau komentar Anda! Semoga Artikel-artikel yang kami publikasihkan dapat bermanfaat.........
Berkomentarlah dengan bijak dan sopan, marilah kita budayakan bertutur kata yang baik dan saling menghormati, mohon maaf bila komentar anda tidak memenuhi kriteria tersebut akan di hapus. Bila anda ingin memberikan saran, kritik,masukan yang membangun, dan memberi tambahan materi bila ada kekurangan pada artikel yang sedang di bahas dengan senang hati , saya persilahkan. Terimakasih.

 
Support : Blog author | Rachmat.M,MA | Duta Asri Palem 3
Copyright © 2013. PERUM DUTA ASRI PALEM3 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger